Trik Penjumlahan yang Sangat mudah

Trik Penjumlahan yang Sangat Mudah

Kemungkinan besar, ketika Anda belajar menambahkan, mulai ke kanan dan gulir ke kiri. Jika Anda menambahkan bilangan bulat, Anda akan menambahkan unit, “membawa” jika perlu, dan ulangi dalam puluhan, ratusan, dan seterusnya. Ini bekerja dengan baik di atas kertas dan ini adalah metode kertas dan pensil yang paling efektif; Namun, menambahkan ke arah lain memiliki beberapa keuntungan yang diinginkan: metode kiri-ke-kanan membantu untuk lebih memahami arti tempat, itu dapat dilakukan secara mental jauh lebih mudah dan tidak memerlukan pengurutan angka dalam kolom. Siswa dapat belajar menjumlahkan dari kiri ke kanan, sehingga mereka memiliki metode yang berbeda dalam membuat pilihan ketika mereka memiliki masalah tambahan.

Menjumlahkan dari kiri ke kanan melibatkan terlebih dahulu menambahkan nilai tempat terbesar. Bergerak dari kiri ke kanan menghemat jumlah kumulatif, jadi ini hanya sedikit masalah penjumlahan. Untuk mengilustrasikan cara kerjanya dan bunyinya, perhatikan contoh, 677 + 938.

Mulailah dengan menambahkan nilai tempat kiri. Dalam contoh ini adalah 600 ditambah 900 sama dengan 1500. Tambahkan nilai di tempat berikutnya, satu per satu, ke jumlah sebelumnya dan perhatikan jumlah baru setiap kali. Misalnya 1500 + 70 adalah 1570, 1570 + 30 adalah 1600. Bagi siswa yang lebih mahir dalam algoritma ini, mereka tidak serta merta berpikir “plus 70” atau “tambah 30”. Proses berpikir mereka, jika diucapkan dengan lantang, mungkin terdengar seperti “600, 1500, 1570, 1600, …” Lanjutkan menambahkan makna ke setiap lokasi berikutnya sampai selesai. Langkah terakhir dari contoh adalah 1600 + 7 adalah 1607, 1607 ditambah 8 adalah 1615. Jumlahnya adalah 1615.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, siswa perlu mengetahui penjumlahan satu digit dan memiliki pemahaman tentang nilai ruang sebelum mencoba menjumlahkan dari kiri ke kanan. Ketika mereka pertama kali mempelajarinya, mereka dapat mencoba untuk mengulang jumlah dengan mereka (misalnya 1500, 1570, 1570, 1570, 1600, …) untuk membantu mereka tetap up to date dengan jumlah terbaru. Mereka juga dapat menyilangkan angka saat menambahkannya. Tidak ada aturan untuk secara mental menambahkan cara ini. Siswa dapat menghemat dana ketika mereka melanjutkan.

Menambahkan dari kiri ke kanan membantu untuk lebih memahami pentingnya tempat daripada menambahkan dari kanan ke kiri. Selain itu dari kiri, nomor satu digit ditahan atau dikelompokkan ulang, dengan sedikit penekanan pada pentingnya nomor yang ditransfer ini. Dalam contoh, 1246 + 586, siswa menambahkan 6 + 6 untuk mendapatkan 12; Mereka menulis 2 dan memakai 1 ketika mereka harus memakai selusin. Pada langkah berikutnya mereka menambahkan 8 + 4 + 1 dan mendapatkan 13; Mereka menulis 3 dan menghabiskan 1 ketika 80 + 40 + 10 harus ditambahkan, mereka menulis 3 dalam puluhan (atau 30) dan menghabiskan kartu as. Pada dasarnya, menambahkan dari kanan ke kiri tidak termasuk kosakata yang terkait dengan makna tempat. Di sisi lain, menambahkan dari kiri ke kanan membantu untuk memahami arti tempat, karena setiap digit diberi nilai yang benar. Misalnya, seribu tempat adalah seribu, dua ratus tempat adalah dua ratus, dan seterusnya.

Menjumlahkan dari kiri ke kanan sangat cocok untuk penjumlahan mental, karena jumlahnya kumulatif dan tidak ada langkah di antara mereka; Dengan kata lain, tidak ada yang perlu dipertimbangkan untuk siswa selain jumlah kumulatif. Saat menjumlahkan dari kiri ke kanan, beberapa angka perlu diingat saat siswa bekerja. Untuk mengilustrasikannya, perhatikan contoh sederhana, 64 + 88. Menjumlahkan dari kiri ke kanan, jumlahnya mudah diperoleh: 60, 140, 144, 152. Hanya satu angka yang perlu dipanggil pada satu waktu. Menjumlahkan dari kiri ke kiri 4 + 8 adalah 12, jadi sudah ada dua angka yang harus diingat: dua di satu tempat dan dikelompokkan sepuluh. Langkah selanjutnya adalah menambahkan 60 + 80 + 10 untuk mendapatkan 150. Pada titik ini, kita perlu mengingat dua dan menambahkan 150 untuk mendapatkan 152. Meskipun kedengarannya sederhana, itu menjadi lebih rumit dengan lebih banyak angka.

Penjumlahan dari kanan ke kiri tidak memerlukan penomoran dalam kolom, tetapi sering diajarkan sedemikian rupa sehingga metode mengabaikan nilai tempat dan mengandalkan kemampuan siswa untuk menyusun nilai tempat untuk kompensasi. Banyak kesalahan yang dilakukan siswa saat menjumlahkan ke kiri dilakukan karena mereka tidak memiliki pengetahuan yang kuat tentang nilai tempat dan lupa atau tidak menyadari bahwa pengurutan nilai tempat itu perlu. Mereka dapat, misalnya, menambahkan angka dalam puluhan, angka dalam ratusan tempat. Skenario lain adalah penulisan angka yang ceroboh di mana digit salah ditambahkan ke kolom yang salah. Selain itu dari kiri ke kanan, fokusnya adalah menemukan nilai tempat tertentu di setiap angka daripada menyesuaikan nilai tempat. Tentu saja, siswa harus dapat mengidentifikasi pentingnya tempat sebelum mereka dapat berhasil dengan metode ini. Misalnya, mereka harus dapat mengenali bahwa satuan dalam bilangan: 514, 1499, dan 321 berturut-turut adalah puluhan, ribuan, dan satuan. Jika mereka tidak bisa, pelatihan lebih lanjut tentang biaya situs diperlukan sebelum suplemen dapat diajarkan secara efektif.

Meskipun menambahkan dari kiri ke kanan memiliki beberapa keuntungan, Anda tidak disarankan untuk membatalkan yang lainnya. Mempelajari berbagai metode tambahan memungkinkan Anda mendiskusikan masalah dalam situasi pemecahan masalah. Dengan mengajar siswa metode ini Anda memberi mereka pilihan lain ketika mereka berhadapan dengan pertanyaan tambahan.